• gambar
  • gambar

Selamat Datang di Website SMP NEGERI 1 BATU SOPANG. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


SMP NEGERI 1 BATU SOPANG

NPSN : 30407276

Jl.Negara Km.141 Batu Kajang, Kec.Batu Sopang Kab.Paser


info@smpn1bs.sch.id

TLP : 0265656565


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 6657
Pengunjung : 2787
Hari ini : 7
Hits hari ini : 18
Member Online : 0
IP : 18.213.192.104
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Cerita Fabel




Itulah Gunanya Teman

Orientasi

Pagi ini pagi yang cerah, Ceking si kucing berwarna abu-abu mendatangi seekor ayam betina bernama Ciki ke rumahnya. Sesampai disana Ceking mengajak Ciki untuk jalan jalan denganya di taman, Ciki pun ikut dengan Ceking.

Komplikasi

      Saat di jalan tanpa sengaja ia menabrak seekor anjing Pitbullberwarna coklat, bukannya meminta maaf Ceking malah marah-marah kepada anjing tersebut “Hei kau ini, kalau jalan lihat-lihat, apa kau tidak punya mata?. Sudah tau ada aku disini kamu malah menabrakku” omel Ceking, “Maafkan aku,aku sedang terburu buru, oleh karena itu aku tidak melihatmu” jelas Anjing Pitbulltersebut,”Seharusnya kau tidak marah seperti itu Ceking” Ciki menasihati Ceking, “Aku marah karena anjing itu tidak berhati-hati saat berjalan” Ujar Ceking, “Tapi tidak seharusnya kamu malah marah-marah kepada anjing itu,menurutku kalian sama sama salah” Ciki berpendapat. Ceking langsung meninggalkan Ciki sendirian “Ceking!” teriak Ciki tetapi tidak ditanggapi oleh Ceking.

      Keesokan harinya saat Ceking menyirami bunga di halamannya ia melihat anjing Pitbullyang menabraknya kemarin “Hei, kau yang menabrakku kemarin kan?” tanya Ceking kepada anjing tersebut, “Iya aku minta maaf,perkenalkan namaku Guki,aku tetangga barumu sekarang” Guki memperkenalkan dirinya pada Ceking,”Aku tidak perlu mengetahui siapa kamu,kemarin kamu telah mendapatkan........” omongan Ceking terpotong oleh Ciki yang tiba tiba datang, “mengapa kalian berdebat hanya karena masalah sepele? Apa kalian tau? Semua ini tidak akan ada untungnya” nasihat Ceking, “Kamu lihat sendiri kan Ciki,kemarin dia telah menabrakku, dan kau masih membelanya? Teman macam apa kau ini!” Ciki langsung masuk kedalam rumah,ia tidak peduli dengan nasihat Ciki, “Maafkan temanku ya Guki,dia memang seperti itu, seiring berjalannya waktu dia akan sadar dengan sendirinya” Ciki sangat merasa bersalah dengan apa yang dilakukan Ceking terhadap tetangga barunya itu. “Guki,aku pulang dulu ya,ada beberapa pekerjaan yang harus ku selesaikan hari ini” Ciki berpamitan kepada Guki, “Iya,aku juga hendak berangkat kerja,terima kasih karena kamu baik padaku” Ucap Guki “Baiklah,sampai jumpa”,”sampai jumpa kembali”.

Resolusi

      Guki yang panik langsung memberanikan diri untuk masuk ke dalam rumah Ceking,saat ia membuka pintu, ia terkejut karena rumah Ceking penuh dengan asap. Guki melihat ada percika api di dapur Ceking,lalu ia masuk dan saat di dalam ia melihat Ceking terkapar di lantai, ia langsung membawa Ceking keluar,ia pun berteriak meminta tolong pada warga untuk memadamkan api yang membakar rumah Ceking.

      Ceking sadar dari pingsannya, ia melihat Guki dan Ciki duduk di samping ranjang Ceking tidur. “Bagaimana keadaanmu Ceking? Apa kau sudah baikkan?” tanya Guki dan Ceking menganggukan kepala, “Apa kau tau Ceking?,yang menyelamatkanmu dalam kebakaran ini adalah Guki” Ciki memberitahu kenyataan bahwa Guki yang menyelamatkan nyawa Ceking, “Guki,maafkan aku,selama ini aku jahat padamu hanya karena tidak sengaja betabrakan” Ceking meminta maaf,”Aku telah memaafkanmu dari awal jika tidak apa,apa sekarang kita bersahabat?” tanya Guki,”Tentu” Jawab Ciki

Koda

      Sejak saat itu pun Ceking,Guki,dan Ciki bersahabat, Ceking pun menjadi orang yang sangat sabar.

      Dalam kehidupan kita harus saling memaafkan dan tidak boleh ada dendam pada siapa pun,selain itu kita harus mendengarkan apa kata orang lain. Karena hidup itu berputar seperti roda.




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas